Blogroll

Alasan Membuat Merek Untuk Bisnis

|| || ,,,, || Leave a komentar
Brand atau merek adalah nama, simbol, logo atau istilah yang mengindentifikasi produk atau jasa dan membantu konsumen membedakan antara merek produk atau layanan dengan lainnya. Mengapa merek bagus penting untuk bisnis? Iya jelas, intinya untuk membedakan produk kita dengan produk yang lain. Sehingga konsumen dapat membedakan produk asli dan produk tiruan. Sulit untuk membangun dan memelihara merek yang kuat, akan tetapi produk atau jasa yang bermerek akan memberikan manfaat yang signifikan dan biasanya menjualnya lebih mudah daripada yang tidak menggunakan merek atau merek masih baru. Merek (brand) adalah penting karena memberikan janji. 

Ketika anda sebagai konsumen ingin membeli sebuah produk yang sama tapi berbeda merek dan harga beda pastinya. Mungkin bila anda mempunyai uang cukup, tentu anda lebih memilih yang bermerek kuat atau sudah terkenal. Bahkan sebagian orang memaksakan diri untuk membeli sebuah barang yang bermerek dibandingkan barang yang sama tapi belum bermerek.

Sebagai contoh, kenapa anda memilih cola-cola dibandingkan minuman ringan merek rumahan? Mengapa anda membeli sepatu Nike dibandingkan sepatu yang lain? Itu karena brandnya sudah kuat, terkenal dan terbukti kualitasnya. Mungkin anda membeli karena sudah percaya pada merek itu untuk memberikan dan memenuhi harapan anda. 
Alasan Membuat Merek Untuk Bisnis


Maka mari kita lihat beberapa alasan penting membuat merek untuk bisnis :

Merek Mudah di Ingat

  • Merek yang di Indentifikasi nama, simbol, logo dan istilah yang mudah di ingat. Tetapi perlu anda ingat, Sebuah merek yang kuat mudah di ingat karena produk atau jasanya memang juga memberikan kualitas yang sesuai dengan mereknya. Semua usaha pemasaran, bertujuan untuk membangun merek anda. Oleh karena itu merek adalah aset pemasaran yang dapat digunakan untuk terhubung dengan target pelanggan dan menciptakan rasa kesetiaan dengan mereka. 
Baca Juga : Manfaat Pemasaran Dengan Media Sosial

Merek Membedakan produk dari Pesaing

  • Bagaimana anda membedakan dua produk yang sama, kalau bukan karena merek. Merek juga membedakan cara pelayanan setiap usaha/ bisnis dalam pelayanan kepada pelanggan. Seperti Hotel, pastinya setiap pelanggan dapat membedakan pelayanan dari setiap Hotel. 

Merek Menarik Profil Pelanggan Baru dan Tertentu

  • Berbagai merek yang sudah kuat dapat menarik berbagai jenis pelanggan. Pikirkan tentang jenis pelanggan yang membeli mobil Lamborghini dibandingkan dengan Mobil Lokal. Dua profil pelanggan yang sama sekali berbeda. Sebuah merek juga dapat menggambarkan profil seseorang yang membeli produk dengan merek kuat. Sebuah merek juga dapat menggambarkan kesuksesan seseorang pembeli atau pengguna merek yang terkenal. Pelanggan yang membeli mobil Lamborhgini akan mengasosiakan dirinya dengan mewah dan keberhasilan.
Setelah semua itu berhasil, Sebuah Merek yang Kuat dapat menjadikan produk atau jasa yang dijual menjadi lebih mahal. Kalau sebuah merek yang sudah mempunyai nama yang disegani biasanya akan jarang ditawar saat dijual. Baca Juga : Manfaat Pemasaran Dengan Media Sosial
Jika anda menyukai artikel ini, dibagikan iya ke teman-teman lainnya. Atau Silahkan tinggalkan komentar anda dibawah ini :
/[ 0 komentar Untuk Artikel Alasan Membuat Merek Untuk Bisnis ]\

Posting Komentar