Blogroll

Niche Blogging - Niche TV Program ?

|| || ,, || Leave a komentar

Saya mau memulai blog?(3 Hal Harus Dilakukan Setiap Blogger Baru) Saya mau menjadi blogging sukses. Bagaimana cara memulai dari awal? Pertanyaan yang sering dilontarkar oleh para pemula. Mungkin mereka tertarik ingin mendapatkan uang dari blog. Mereka pikir mudah mendapatkan dollar, seperti kisah sukses para blogger lan. Tapi bukan itu masalahnya. Terserah pikiran mereka tentang hal itu. Apakah motif mereka dan motivasi?
Niche Blogging - Niche TV Program ?

Setelah muncul pertanyaan itu. Maka para Blogger akan memberikan jawaban pada umumnya adalah memilih Niche yang tepat. Apakah itu Niche? Situs yang hanya membahas satu topik tertentu. Contohnya anda membuat situs web tentang komputer, maka topiknya yang anda bahas seterusnya iya tentang komputer. Tidak boleh membahas tentang travel, atau free games online. Jadi anda hanya fokus pada satu topik saja. Kalau blog ini sendiri adalah general topik (membahas lebih dari satu topik).

Jadi kalau anda bertanya mana yang lebih bagus dan lebih potensial untuk mendapatkan pengunjung? saya pasti menjawab general topik untuk saat ini. Karena saya belum pernah berhasil menjalan situs dengan satu topik tertentu. Selalu mati ditengah jalan karena kehabisan ide-ide. Tapi kalau general topik, saya selalu mendapatkan ide-ide dari beberapa topik yang saya bahas. Jadi setiap hari saya pasti update.

Yang menjadi pembahasan saya disini adalah persamaan niche blog dan niche TV Program yang tidak konsisten. Jadi keduanya tidak jauh berbeda. Sebuah Program TV tentunya pada awalnya hanya membahas satu tema saja. Akan tetapi seiringnya waktu berjalan, mungkin program tersebut mulai kehilangan rating di mata pemirsa. Sehingga yang awalnya hanya satu tema, ditambah beberapa poin lagi.  Salah satu contoh yang terjadi saat ini adalah Tayangan Musik setiap pagi kini berubah menjadi sebuah tayangan yang tidak jelas lagi. Semua dicampur aduk, yang penting ratingnya tinggi. Mau jelek-jelekan orang, bongkar kejelekan orang dan lain-lainnya.

Begitu juga dengan dunia blogging(Bagaimana Blogging Mengubah Dunia?). Atau media online jaman sekarang, dan portal-portal online. Semula fokus pada satu tema. Namun melihat persaingan dan jumlah visitor yang menurun memaksa sang admin untuk menambah subjek sesuai yang sedang trend. Karena ujung-ujngnya adalah penghasilan(Setelah Anda Diterima Google Adsense Indonesia! Apa Selanjutnya?). Semakin minim visitor, maka penghasilan pun makin minim. 

Itulah salah satu alasan bagi saya lebih memilih general topik. Agar saya bisa mengikuti subjek yang sedang trend. Namun, walaupun general topik. Saya konsisten dan fokus memberikan artikel yang unik, menarik tentunya long tail keyword. Keyword yang akan dicari orang kapan pun. Jadi sekalipun kita memilih banyak tema tidak masalah, asal kita pandai memilih keyword yang kapan pun waktunya akan tetap dicari orang. Namun, bisa juga anda menambahkan satu tema yang tidak harus long tail keyword, keyword yang sedang hangat pada minggu, bulan tertentu. Sehingga traffik anda tetap ada.
Bagaimana menurut anda? itu adalah pendapat saya tentang pemilihan topik untuk memulai sebuah blog dan membandingkannya dengan Program TV saat ini.
/[ 0 komentar Untuk Artikel Niche Blogging - Niche TV Program ?]\

Posting Komentar