Blogroll

Mendeteksi Penyebab Lemot Atau Lambatnya Komputer

|| || || Leave a komentar
Cara Mengatasi Komputer / Laptop Lambat - Komputer lambat loading tentunya ada beberapa sebab diantaranya virus. namun ada juga faktor lain yang menjadi penyebab komputer lambat.

Seiring dengan lamanya pemakaian Komputer atau Laptop, maka kinerjanya pun akan berkurang. Baik bisa karena masalah software atau juga masalah hardware. Jika komputer anda lemot dan tak secepat dulu lagi mungkin artikel berikut bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami trouble pada komputer atau laptopnya.

Tips Mendeteksi Penyebab Lambatnya Komputer :

1. Terlalu Banyak Aplikasi yang terinstal
Jangan terlalu banyak menginstall aplikasi yang jarang dipake, bikin penuh space komputer saja so kinerja komputer pun akan terganggu. Pastikan space komputer untuk installasi sistem operasi kamu cukup baca posting sebelumnya untuk spesifikasi install windows xp atau windows 7

Cek apakah masih cukup space untuk instalasi OS? kalo ya biarkan kalo tidak segera tuh buang program atau aplikasi yang tidak penting, udah tahu kan cara nya? masuk control panel, add/remove program, terus tinggal pilih aplikasi yang mo di remove. Kalo saya untuk aplikasi yang jarang dipake lebih suka pake portable aja.hehe..

2. Terlalu Banyak file sampah
File sampah apa itu? file sampah ato file yang sudah tidak terpakai yang ada pada recycle bin, cookies, history IE, file bak, file temporary, dll. Ketika kita menghapus file yang tidak digunakan, file tersebut akan masuk dalam folder recycle bin, dan tidak terhapus dari harddisk. Hapuslah semua file-file dalam recycle bin karena seluruh file tersebut masih ada dalam hardisk.

Saran gunakan program Cleaner yang sudah lengkap menghapus semua file sampah termasuk file registry atau sisa file dari program yang sudah diremove.

3. Banyak aplikasi start-up
Ini yang paling sering dijumpai yakni terlalau banyak meletakkan aplikasi di Desktop atau Quick Lauch, jika aplikasi tersebut sering digunakan tidak masalah tapi kalo tidak mending jangan, karena ketika pertama kali windows start maka akan membutuhkan waktu lama untuk meload program tersebut.

Memang secara sepintas akan memudahkan kita aplikasi tersebut karena tinggal klik ikonya dalam taskbar dan aplikasi pun jalan. Namun sebenarnya menjadi beban system karena harus menyediakan memori tersendiri. Hal ini akan memperlambat kinerja komputer.

Aturlah bebarapa aplikasi yang memang dibutuhkan dengan cara mengatur konfigurasi. Jalankan menu Start >> Run >> ketikan msconfig >> Enter >> Nonaktifkan aplikasi yang tak terlalu diperlukan.

4. Scandisk dan Defrag secara rutin
Seperti layaknya manusia, komputer yang sering digunakan juga memerlukan penyegaran apalagi jika komputer tersebut sering untuk bermain game, salah satunya adalah dengan cara melakukan Scan disk dan Defrag secara berkala, dua minggu sekali atau satu bulan sekali namun idealnya adalah satu minggu sekali tergantung frekuensi penggunaan komputer. Meskipun sesuatu yang sepele namun sering dilupakan sebagian orang.

Lakukan scandisk rutin untuk memperbaiki hardisk yang sering crash akibat listrik mati secara mendadak. Selain melakukan scandisk secara berkala, defragma tak kalah penting, hal ini sangat berguna ketika tingkat penggunaan komputer tinggi, file-file perlu ditempatkan sebagaimana semestinya agar ruang (Sektor) kosong tidak berantakan, jika penempatan file berantakan bisa mengakibatkan kerja komputer lambat.

5. Kesalahan Shutdown
Mungkin sudah pernah saya bahas dalam posting Prosedur Menghidupkan dan Mematikan Komputer, hal terakhir ini paling sering dilakukan contohnya sedang maen game atau sedang manjalankan aplikasi namun tiba-tiba komputer hank?
apa yang terjadi langsung saja tekan tombol restart ?
ya banyak yang seperti itu, sebenarnya bisa ditanggulangi dulu dengan mematikan program dari task manager, namun kalo sudah tidak bisa memang terpaksa pakai tombol restart.

Akibatnya lama-lama sistem operasi tidak berjalan normal dan hardisk akan mengalami kerusakan (Bad Sector). Hal ini memperparah keaadaan karena file-file sistem yang ada pada bad sector tidak bisa terbaca, sehingga komputer sering mengalami hang.

Nah bagaimana sobat apa komputer dirumah semakin lama semakin lambat?
Kalo iya silahkan dicoba Tips Mendeteksi Penyebab Lambatnya Komputer.
Semoga Bermanfaat ;)

/[ 0 komentar Untuk Artikel Mendeteksi Penyebab Lemot Atau Lambatnya Komputer ]\

Posting Komentar