Blogroll

WoW, Raymond Sapoen Calon Presiden Suriname Keturunan Indonesa

|| || ,, || Leave a komentar
Raymond Sapoen akhir-akhir ini menjadi trending topik di berbagai media televisi atau media sosial Indonesia. Nama Raymond menjadi topik yang hangat diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia. Indonesia sepertinya sangat bangga mendengar nama orang tersebut yang pernah menjadi Menteri Suriname. Beliau pernah menjadi Menteri Perdangan dan Industri Suriname sesuai pengakuannya kepada Wartawan BBC Indonesia.

WoW, Raymond Sapoen Calon Presiden Suriname Keturunan Indonesa
img by kompas
Raymond Sapoen sebelumnya pernah menjabat menteri perdagangan dan industri dari 2012 sampai akhir 2014 dan menjadi menteri pendidikan pada 2010 dan 2012. Saat ini, Raymond Sapoen merupakan kader partai oposisi, Partai Pertjaja Luhur dan tengah berkampanye untuk Pemilihan Presiden Suriname yang bakal dilangsungkan pada tanggal 25 Mei mendatang. 

Dan yang pengakuan tersebut semakin terbukti Karena Raymond mengungkapkannya dalam Bahasa Jawa. Sesuai pengakuannya dirinya adalah generasi ketiga yang berasal dari Banyumas. Berikut adalah ungkapan Raymond saat berbicara dengan Wartawan BBC Indonesia yang dikutip dari halaman Kompas. 
"Aku yo manggon nang Suriname, nang South Amerika.Aku anak-anak telu. Aku nduweni anak telu, wedok lanang.Aku nduwe bojo, aku wis kawin.Aku arepe dadi presiden seko Republik SurinameYo nduwen-nduweni partai politik jenenge partai Pertjajah Luhur.
Terjemahan:"Aku ini tinggal di Suriname, Amerika Selatan.Aku punya anak tiga, Aku punya anak tiga, perempuan maupun laki-laki.Aku punya istri, aku sudah kawin.Aku ingin menjadi presiden Republik Suriname.Ya punya partai politik namanya Partai Pertjajah Luhur."
Raymond juga berkomentar soal asal-usulnya yang disebut keturunan warga Banyumas, Jawa Tengah.
"Aku ra ngerti yo. Arepe ngerti tenan aku.Nanging nek ora nduweni kontak-kontak.Ora nduweni sedulur neng kono. Aku ra ngerti.Aku perlu di-onderzoek, kudu research, aku ra ngerti.Menowo yo aku iso diguyubi nang kono.Ora nduweni sedulur-sedulur."
Terjemahan:"Aku tidak tahu. Pengen tahu sekali aku.Sayangnya tidak punya kontak-kontak.Tidak punya saudara di sana. Aku tidak tahu.Semoga aku bisa disambut baik di sana.Tidak ada saudara-saudara."
Bukan karena dia berbahasa Jawa, melainkan karna beliatu ternyata menjadi Calon Presiden Suriname. Raymond juga memastikan pencalonannya untuk menuju kursi orang nomor 1 di Suriname, negara di belahan selatan Benua Amerika yang dulu dikenal dengan nama Guyana Belanda. Walaupun sudah tiga generasi tinggal di Suriname, ia mengaku tetap menggunakan bahasa Jawa dengan orang tua dan juga anak-anaknya.

Arie Grobbee, warga keturunan Belanda yang kini bermukim di Desa Karangbanjar, Puarbalingga adalah orang pertama kali melontarkan informasi tentang Raymond. Dia menuturkan kakek bunyut Sapoen diduga berasal dari Desa kanding di Banyumas, Jawa Tengah. 

Informasi Ringkas Tentang Negara Suriname :
Republik Suriname (Surinam), dulu bernama Guyana Belanda atau Guiana Belanda adalah sebuah negara di Amerika Selatan dan merupakan bekas jajahan Belanda. Negara ini berbatasan dengan Guyana Perancis di timur dan Guyana di barat. Di selatan berbatasan dengan Brasil dan di utara dengan Samudra Atlantik. by wikipedia
/[ 0 komentar Untuk Artikel WoW, Raymond Sapoen Calon Presiden Suriname Keturunan Indonesa]\

Posting Komentar